1000Kabar

Bebas Plastik, Mulai Dari Diri Sendiri, Untuk Bandung Berseri

ilustrasi (Foto: internapcdn.net)

Baru-baru ini, Pemerintah Kota Bandung mencanangkan pengurangan kantong plastik di lingkungan Kota Kembang. Acuannya merupakan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 17 Tahun 2012. Saat ini, pemerintah kota Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung masih berusaha menghimbau masyarakat untuk mengurangi kantong plastik.

Sampai saat ini, Kota Bandung kebanjiran 1.600 ton sampah per harinya. Menurut Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdyana Hadimin, sampah anorganik sebesar 30 persen dari jumlah tersebut. Adapun sampah plastik sendiri sekitar 10 persen dari jumlah sampah masyarakat Bandung setiap harinya. Artinya, ada sekitar 100-150 ton sampah plastik setiap harinya di Kota Bandung.

Dalam Surat Edaran Walikota Nomor 660/SE.115-DLHK pada 30 November 2018, Pemerintah Kota Bandung menghimbau masyarakat Kota Bandung untuk mempergunakan kantong belanja yang lebih ramah lingkungan. Kantong belanja ini memiliki kriteria: bisa dipakai berulang-ulang, berbahan ramah lingkungan, serta cukup kuat mengangkut belanjaan yang berat. Meskipun demikian, pemerintah kota tidak melarang masyarakat untuk menggunakan kantong plastik. Hanya saja, masyarakat diharapkan mampu menggunakannya secara bijak dan berkecukupan.

Pemerintah kota juga menghimbau toko modern untuk menyediakan tempat penampungan kantong plastik bekas alias Drop Box. Adapun tulisan pada tempat penampungan tersebut lebih untuk mengajak masyarakat guna menyimpan kantong plastik bekasnya di tempat tersebut. Harapan lainnya, toko modern juga menyediakan kantong alternatif yang ramah lingkungan dan mudah terurai.

Gerakan Pengurangan Kantong Plastik selaras dengan gerakan Pemerintah Kota Bandung sebelumnya, yaitu: Kang Pisman, yang merupakan kependekan dari Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan. Gerakan ini merupakan salah satu program kerja 100 hari Walikota Bandung, Oded M Danial.

Warung 1000Kebun sendiri sejak lama mempergunakan kantong belanja ramah lingkungan. Kantong belanja ini merupakan sumbangan dari anggota Komunitas 1000Kebun berupa tas-tas berbahan kain yang sudah tidak dipakai lagi. Kemudian, kantong belanja ini akan dipinjamkan kepada konsumen warung. Mulai mengurangi plastik dari diri sendiri ini, diharapkan bisa membuat wajah Bandung lebih asri dan tanpa sampah plastik. Semoga…***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *