Blog

10 Tips Bijak Menggunakan Plastik a la Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung mengajak warganya untuk bijak menggunakan tas belanja berbahan plastik. Mereka mempublikasikan himbauan dalam bentuk infografis menarik. Berikut 10 tips dari Pemerintah Kota Bandung yang mereka sarikan dari Peraturan Walikota No. 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Continue Reading

Menyulap Kaos Bekas Jadi Tas Belanja Keren

Masih kebingungan mencari tas belanja untuk menggantikan kantong plastik? Bagaimana bila membuatnya sendiri? Bahannya pun sederhana, hanya kaos yang sudah tidak kita pakai. Caranya pun mudah. Dan berikut ini trik untuk membuat tas belanja dari kaos lama yang redaksi sarikan dari bintangtop.com.

Continue Reading

Bebas Plastik, Mulai Dari Diri Sendiri, Untuk Bandung Berseri

Baru-baru ini, Pemerintah Kota Bandung mencanangkan pengurangan kantong plastik di lingkungan Kota Kembang. Acuannya merupakan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 17 Tahun 2012. Saat ini, pemerintah kota Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung masih berusaha menghimbau masyarakat untuk mengurangi kantong plastik.

Continue Reading

Kebun Belakang, Menjadi Manusia Seutuhnya

Masyarakat tradisional selalu memanfaatkan halaman belakang rumahnya untuk kebun. Di tempat ini, mereka kerap menanam dan memelihara berbagai tumbuhan dan hewan ternak untuk menjaga suplai gizinya sehari-hari. Dengan kata lain, halaman belakang membantu untuk menciptakan masyarakat mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari.

Continue Reading

NGERUK Menanam Rimpang Jahe-Jahean [4 Nov 2018]

Komunitas 1000Kebun bekerjasama dengan Rahsa Nusantara akan menyelenggarakan NGERUK Menanam Rimpang Jahe-Jahean. Kali ini, Komunitas 1000Kebun akan kedatangan Ayu dan Kresna dari Rahsa Nusantara. Mereka akan berbagi mengenai “Gin Tonic: Home Remedy”. Pada sesi bertanam, Galih akan berbagi cara menanam jahe-jahean untuk skala rumah tangga.

Continue Reading

Tiga Manfaat Ampas Kopi Bagi Tanaman

Ternyata, kopi tidak hanya disukai oleh manusia semata. Tanaman dan hewan pun suka kopi. Lebih dari itu. Bagi tanaman, ampas kopi mampu meningkatkan daya dukung untuk tumbuh dan berkembang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tingkat keasaman pada biji kopi sangat baik untuk beberapa tanaman yang membutuhkan asam, seperti tomat dan alpukat serta beberapa jenis tanaman buah lainnya.

Continue Reading