Komunitas 1000Kebun

Anggota Komunitas 1000Kebun (Foto: proaktif-online.blogspot.com)

Komunitas 1000Kebun merupakan kumpulan para peminat dan praktisi berkebun di Indonesia dengan pendekatan organik. Dengan moto “Organik Itu Tradisi Kita”, komunitas ini percaya bahwa pangan organik bisa menyelamatkan manusia dan planet bumi dari kehancuran dan kepunahan.

Anggota Komunitas 1000Kebun tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Bahkan, beberapa anggota ada yang berdomisili di luar negeri, seperti: di Amerika dan Eropa. Umumnya, para anggota komunitas ini memiliki kebun organik skala rumah tangga. Mereka aktif untuk berbagi wawasan dan pengalaman berkebunnya melalui forum-forum 1000Kebun, baik online maupun offline.

Komunitas 1000Kebun sendiri terbentuk pada 2015 silam. Embrio komunitas ini berasal dari beberapa warga perumahan Arcamanik yang senang untuk berkebun dan mengkonsumsi pangan organik. Atas dasar ketertarikan yang sama inilah, mereka akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah komunitas yang berjuluk 1000Kebun.

Seiring berjalannya waktu, komunitas ini menarik minat masyarakat lain di Jawa Barat, bahkan di dunia. Hal ini membuat nama Komunitas 1000Kebun semakin besar. Bahkan, beberapa media online, koran, dan televisi berulang kali meliput Komunitas 1000Kebun.

Dalam setiap kegiatannya, Komunitas 1000Kebun selalu mengedepankan tekad untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan berdasarkan pangan sehat. Caranya, dengan membangun pusat pengetahuan gaya hidup sehat berbasis komunitas serta memfasilitasi akses terhadap pangan sehat, beserta sarana dan prasarananya.

Selain itu, komunitas ini juga berusaha untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan dalam rantai-nilai pangan sehat, sehingga bisa memperluas jangkauan terhadap pangan sehat. Langkah-langkah ini diharapkan bisa memasyarakatkan gaya hidup sehat yang lebih luas kepada masyarakat Indonesia.

Untuk memperkuat gerakannya, Komunitas 1000Kebun kemudian mendirikan Warung 1000Kebun pada 25 Desember 2017 silam. Mereka percaya, memasyarakatkan gaya hidup sehat bisa dimulai dengan membangun akses terhadap pangan organik. Selain itu, Warung 1000Kebun juga menjadi pusat aktivitas offline Komunitas 1000Kebun, sehingga bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi.