Seni Tani Tani Bestari

Sahabat Baru di Seni Tani

Tidak terasa pelatihan urban farming di Tani Bestari sudah berlangsung selam 3 bulan. Suatu proses yang panjang namun terasa singkat. Kegiatan pertama yang aku ikuti full offline setelah masa pandemi, walaupun saat awal mulai kegiatan pandemi belum sepenuhnya selesai. Mulai dari proses pendaftaran, seleksi sampai penerimaan peserta pelatihan merupakan proses yang menyenangkan apalagi ketika turun langsung ke kebun. Banyak hal yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Pandemi juga menyebabkan banyak hal tidak bisa aku dapatkan secara langsung di bangku perkuliahan seperti skill di lapangan. Hadirnya tani bestari adalah kesempatan emas bagiku, aku juga sangat bersyukur dapat diterima dengan baik oleh tim seni tani maupun kawan-kawan baru sesama peserta pelatihan.

Berawal dari tidak kenal sama sekali sampai dengan bisa tertawa bersama. Beragam background yang berbeda dari setiap individu tidak menjadi penghalang untuk kami belajar bersama, semua sama-sama mengosongkan gelasnya untuk menerima ilmu dan pengalaman baru. Ternyata bergabung di tani bestari tidak hanya menambah pengetahuan dan skill namun juga sahabat bahkan keluarga. Setiap hari sabtu dan minggu itu rasanya kaya recharge lagi energi, karena jujur ada aja hal yang bikin ketawa receh walaupun kadang pembahasan obrolan kita juga berat hehehe sampai suka agak loading dulu. Teman-teman di tani bestari juga bermacam-macam karakteristik sifatnya, ada yang pendiam, penghibur, pendengar, suka cerita, suka ngobrol pokonya macem-macem deh, tapi alhamdulillahnya sejauh ini sama sekali tidak ada konflik atau apapun itu yang membuat suasana tidak enak. Semuanya saling menghargai satu sama lain walaupun banyak yang mungkin umurnya berbeda jauh tetapi tetap bisa nyambung dan ngobrol bareng. Teman-teman diatas ku juga tidak membatasi, mereka sangat terbuka untuk ngobrol dan sharing.

Foto bersama teman-teman Tani Bestari

Selama kurang lebih 2 tahun pandemi, seringkali berinteraksi dengan orang melalui online bahkan sampe sekarang kayanya belum pernah ketemu orangnya langsung. Jadi, pas kegiatan tani bestari tuh rasanya seneng banget gaperlu natap layar hp atau laptop terus buat interaksi sama temen. Buat aku yang termasuk paling kecil kedua setelah aris umurnya dibanding yang lain jadi ngerasa dapat teman sekaligus kakak dan dapat pandangan baru, insight baru, pokonya banyak banget hal baru yang aku dapatkan dari sekedar ngobrol-ngobrol singkat bareng kakak-kakak di Tani Bestari.

Akhir kata, sangat bersyukur sekali bisa menjadi bagian tani bestari bertemu tim seni tani, teman-teman dan semua orang yang terlibat dalam setiap proses pembelajarannya. Semoga setelah selesai kegiatan ini pun kita semua tetap bisa bertemu dan kumpul ya. Semangat berproses dimana pun itu semuanya. I will miss u all :’).

“When everything else in life’s garden seems to wither away, friendship is the flower that will bloom to save the day.”


Hallo, perkenalkan aku Riska. Saat ini aku masih berkuliah semester 6 di jurusan biologi Unpad, doakan aku cepat lulus ya 😊. Aku juga senang travelling dan berkebun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.