1000Inspirasi 1000Kiat Seni Tani Tani Bestari

Pengalaman Memanfaatkan Pestisida Nabati untuk Tanaman Hias

The goal of life is living in agreement with nature.

Zeno

Pengalaman menanam memang punya keseruannya tersendiri, selain bergulat dengan cuaca yang tidak menentu, harus bersahabat dengan makhluk-makhluk yang ada di tanah juga. Sebenarnya ketika awal-awal menanam kaktus dan sukulen, rasanya semua akan indah-indah saja, sebelum bertemu hama jamur, kutu, kumbang, ulat, dan semut. Dari mana makhluk-makhluk kecil ini muncul? Ternyata mereka semua punya urusan di sekitar tanaman kami ini.

Gambar 1-4. Bahan-bahan pestisida nabati

Saat itu kami menggunakan pestisida berbahan kimia. Setelah kami menyemprotkan pestisida, esoknya kami akan menemukan bangkai serangga yang tergeletak . Bukankah ini menunjukkan betapa bahayanya bahan yang terkandung pada pestisida kimia tersebut? Mengenaskan juga pertarungan di medan ini (jujur ada perasaan bersalah dan bimbang). Pada materi Pestisida Nabati di pertemuan sekitar akhir bulan Maret lalu pada pelatihan Tani Bestari, aku mendapat insight baru bahwa ada pestisida yang fungsinya sama, menjauhkan makhluk-makhluk kecil tadi, tetapi dengan cara yang lebih adil.

Mulailah kami mencoba menerapkan ilmu tersebut, Pestisida Nabati diharuskan mempunyai unsur ini dalam bahannya:

  • Pahit
  • Pedas
  • Bau menyengat

Setelah itu dicacah dan diberi air lalu diamkan selama 24 jam sebelum diaplikasikan.

Contoh tanaman yang pahit, daun singkong, daun pepaya, sambiloto, daun kelor.

Contoh yang pedas, cabe-cabean dan merica. Dan yang memiliki aroma menyengat, sereh, serai, bawang-bawangan.

Bahan yang kami gunakan adalah : bawang merah, bawah putih, cabai, sereh, dan merica. Untuk menyasar kutu dan jamur.

Buatlah secukupnya pemakaian karena tidak bisa didiamkan lama, namun selain hemat dan mudah, PesNab ini lebih ramah karena tidak mengganggu kehidupan alami mikroorganisme yang ada di tanah. Ingat! Tanah yang sehat akan menghasilkan tanaman yang sehat pula. Kondisi tanah yang baik pastilah didukung oleh keseimbangan kehidupan bakteri dan mikroorganisme di dalamnya.

Gambar 5. Tabel Formula Pestisida Nabati; Gambar 6. Dokumentasi Penyemprotan

Setelah mengaplikasikan pestisida nabati selama sepekan, terbukti jamur-jamur tidak muncul dan yang sebelumnya terkena jamur pun jadi membaik. Hmm, sebuah pertanda baik, sepertinya cara kami benar! Namun, ketika memeriksa tanaman yang di bagian bawah meja, rupanya beberapa daun habis dilahap ulat. Lalu kami membuat lagi pestisida yang untuk ulat, dengan bahan: daun pepaya, cabe, dan merica. Setelah didiamkan semalam, esoknya kami semprotkan.

Meski menjadi ada aroma lain dalam nursery house kami, tapi rasanya lebih aman dari sebelumnya. Setidaknya tidak separah sebelumnya yang hampir sebagian besar tanaman hias kami terkena hama. Sedih sekali karena penampilan mereka menjadi tidak secantik sebelumnya. Yah, salah satu potongan pelajaran juga buat kami ketika membudidayakan tanaman yang bahkan aslinya saja bukan dari negara Indonesia. Kami mencoba mempelajari semua hal dan pengetahuan yang berkaitan dengan kegiatan kami sembari berproses perlahan-lahan. Tetap semangat!

Fungsi pestisida nabati :

  • Sebagai repelen, yaitu menolak kehadiran serangga karena bau yang menyengat.
  • Sebagai antifidan, yaitu mencegah serangga memakan tanaman yang telah disemprot karena ada rasa pahit.
  • Mencegah serangga meletakkan telur.
  • Mengendalikan pertumbuhan jamur maupun bakteri.

Pada akhirnya ini menjadi sebuah perenungan, manusia dengan daya dan kuasa yang lebih, daripada makhluk-makhluk lain karena manusia diberi akal, sudahkah manusia berlaku adil kepada alam dan kehidupan di sekitarnya?

Figure 7 Potret ulat yang sedang berkunjung dan memakan kaktus kami, sekali ini kami izinkan.

Dan tidaklah Kami mengutusmu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam.”

(QS. Al-Anbiyâ: 107)

Hai! Namaku Zahra El-Fajr, meski kadang pemalu, aku punya cita-cita mejadi seorang sociopreneur dan saat ini sedang membudidayakan tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.