Temu Harmonis : Pasar Sehat 1000Kebun

Tidak terasa, sudah 4 tahun Komunitas 1000Kebun melangkah. Di penghujung tahun 2019 agenda kami ditutup dengan Pasar Sehat 1000Kebun pada 21 Desember 2019. Pasar Sehat merupakan salah satu wujud nyata Komunitas 1000Kebun dalam mensosialisasikan gaya hidup dan memudahkan akses produk sehat serta ramah lingkungan kepada masyarakat luas. Pasar Sehat berupaya untuk mempertemukan petani dan produsen lokal dengan masyarakat, mengenal mereka adalah salah satu cara untuk mengapresiasi asal makanan kita.

 

“Temu Harmonis” merupakan tema yang kami usung dalam Pasar Sehat kali ini, suasana hangat, gotong royong dan kekeluargaan menjadi cermin kegiatan ini. Ada banyak harapan dengan terciptanya sebuah keharmonisan: terbukanya peluang dan kolaborasi antar sektor; meningkatnya pemahaman masyarakat akan gaya hidup sehat dan berkelanjutan; serta tumbuhnya apresiasi antar petani, produsen lokal dan masyarakat. Komunitas 1000Kebun meyakini bahwa kolaborasi adalah awal yang baik dalam melakukan sesuatu.

 

Sebelumnya kami telah mengadakan Pasar Sehat Bandung di Lobi Langit Paskal Hyper Square pada 30-31 Maret 2019 dan Pasar Sehat di Kantor Kuskupan Bandung pada 19 Oktober 2019. Sebagai pamungkas, Pasar Sehat kemarin diadakan di Kantor Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik pada 21 Desember 2019. Mengingat Komunitas 1000Kebun lahir di Arcamanik, acara ini melibatkan Aparat Kelurahan Sukamiskin serta pegiat-pegiat hijau di lingkungan sekitar.

 

Antusias para pengunjung dan kesan-kesan positif merupakan suatu kebahagiaan luar biasa. Tercatat kurang lebih terdapat 800 orang pengunjung, Hasil survey menunjukan tidak hanya warga lokal saja yang hadir, melainkan luar kota, bahkan dari luar negeri. Pasar sehat 1000Kebun ini terlaksana atas partisipasi dari 36 tenant Pasar Sehat 1000Kebun; 2 stand pameran dari Kecamatan Arcamanik; 6 stand pameran dari berbagai komunitas, akademisi, NGO; 6 stand garage sale; 12 panitia; 48 relawan. Selain itu, kegiatan ini melibatkan sponsor, diantaranya Bank BJB, Greens and Beans, Water.id, AKATIGA, Lauk Pauk, PUPUK, Exsport, Papyrus, Let’s Go Gelato, Galunggung Farm, Lebak Siuh, Backyard, D’Tong Art. Serta media partner diantaranya Beritabaik ID, Kompas TV, Raka FM, Radio Sonora, Plastavfall Bank, Phi Radio, Fit Radio, dan Millenials Farmer.

 

Selain menyediakan berbagai produk sehat, Pasar Sehat kemarin juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan edukasi yang bertujuan untuk memberikan tempat bagi pengunjung yang ingin memperdalam praktik organik dan pola hidup sehat. Kegiatan tersebut antara lain:  Talkshow Pengalaman Petani Muda di Sukabumi & Kebumen Bersama Program Let’s be Young Farmers; Demo Membuat Bugs Repellent bersama Bio n Oils; Ngebon Seru Yuk! (NgeRuk!) Urban Farming Bersama Rd. galih Raditya; Eat the Rainbow! Membuat Salad & Dressing dan Diskusi Pola Makan Sehat Bersama Fitriani Rahmah (Founder Serasa Salad Bar) dan Sarah El Zeany (ahli gizi); Diskusi dan Demo Membuat Sabun Lerak bersama Plastavfall Solution; serta Saturday Morning Run 5K Bersama Freerunners Bandung.

 

Terkait sampah yang dihasilkan selama kegiatan, kami bekerja sama dengan Kampoeng Takakura dalam mengolah sampah organik dan Bank Sampah Plastavfall dalam mengolah sampah non organik. Tercatat timbunan sampah Pasar Sehat 1000Kebun merupakan sampah plastik sebanyak 11,3 kg terdiri dari gelas, sedotan plastik, botol kemasan. Kemudian residu sampah sebanyak 32,05 kg terdiri dari plastik mika, kertas makanan, tusuk sate dan sedotan bambu. Jika di rata-rata, setiap tenant menghasilkan sampah sekitar 2.7 kg selama kegiatan Pasar Sehat berlangsung. Data ini menjadi evaluasi agar di Pasar Sehat selanjutnya seluruh pihak lebih giat dalam memilah dan mengurangi sampah.

 

Terima kasih kepada seluruh peran yang terlibat. Semoga kegiatan ini mampu mempersatukan, menguatkan, mendukung berbagai pihak. Sampai jumpa di Pasar Sehat selanjutnya!